Minggu, 24 September 2017

FAKTA UNIK KUDA LAUT YANG HARUS DIKETAHUI

Di setiap penjuru dunia dimanapun tempatnya selalu menyimpan misteri dan keunikan tersendiri. Tak terkecuali dalam dunia hewan atau binatang. Setiap jenis Hewan pasti memiliki keunikan tersendiri yang terkadang justru kita sendiri tidak mengetahuinya.


Kali ini kita akan membahas mengenai jenis hewan yang bernama kuda laut. Dari sekian banyak jenis binatang di dunia ini, kuda laut memiliki sebuah keunikan tersendiri yang berbeda dengan hewan lainnya. Hayo..... siapa yang belum pernah lihat rupa dan bentuk kuda laut????



Meskipun bernama kuda, namun kuda laut bentuknya tidak seperti kuda yang berada di darat. Mungkin hanya namanya saja yang kebetulan sama. Kuda laut termasuk dalam kategori ikan yang bernafas menggunakan insang. Ukuran hewan ini bervariasi sekitar 16 mm sampai dengan 35 cm.

Kuda laut hidup dalam perairan tropis dan menengah yang tersebar di seluruh dunia. Kuda laut memiliki kulit bagian tubuh luar yang cukup keras. Kulit tersebut tidak bisa dipecahkan menggunakan tangan sehingga butuh bantuan benda tajam buat menembusnya.

Salah satu keunikan lain dari hewan laut satu ini adalah warna tubuhnya. Kuda laut ternyata memiliki banyak sekali variasi warna, ada yang coklat, abu-abu, kuning, merah, hijau hingga yang bening. Warna kulit tersebut bisa berubah disesuaikan dengan tempat yang di singgahinya. Hampir mirip dengan bunglon, tujuannya adalah sebagai kamuflase diri dari para predator yang ingin memangsa mereka. Perubahan warna ini juga dilakukan mereka pada saat berburu makanan.

Biasanya kuda laut hidup dan tinggal di antara habitat terumbu karang yang berada di perairan. Ia seringkali menambatkan ekornya di antara terumbu karang tersebut sehingga kadang sulit ditemukan.

Kuda laut memiliki mata yang unik , dimana kedua matanya bisa melihat dua buah benda sekaligus secara bersamaan. Matanya bisa bergerak bebas,berputar-putar pada setiap sisi sehingga mereka bisa melihat sekelilingnya dengan mudah tanpa harus menggerakkan kepalanya kekanan atau kekiri.


Fakta unik lain yang bikin tercengang dan patut diketahui adalah ternyata kuda laut merupakan satu-satunya hewan yang induk jantannya mengandung. Jika pada umumnya hewan yang mengandung adalah induk betina, pada hewan kuda laut yang mengandung adalah induk jantannya. 

Setelah induk kuda laut betina menghasilkan telur, kuda laut betina tersebut kemudian menyerahkan telur dan memasukkannya ke perut kuda laut jantan. Perut kuda laut jantan tersebut berbentuk mirip seperti kantung yang didalamnya terdapat sejenis spon dan ada pembuluh darahnya. Pembuluh darah berfungsi sebagai sumber makanan bagi para calon anakan kuda laut.


Rentang waktu lamanya kuda laut jantan mengandung berkisar 10 hari hingga 6 minggu, tergantung jenis spesiesnya dan jenis perairan yang ditempati. Sekali melahirkan kuda laut bisa menghasilkan 100 sampai 200 ekor anak kuda laut. Pada saat kuda laut jantan melahirkan, secara alamiah ia akan memompa menggunakan ekornya sehingga anakan kuda laut kecil pada bagian perutnya bisa keluar dengan sendirinya.

Selain berfungsi sebagai tempat menyimpan telur, bagian kantung depan pada kuda laut jantan juga berfungsi sebagai pengatur kadar garam yang berada di lingkungan sekitarnya. Ketika ia melahirkan, anak-anak kuda laut langsung bisa menyesuaikan keadaan dirinya berkat pengaturan kadar garam dari induknya.


Kuda laut adalah salah satu hewan unik dari bawah laut. Bentuk dan warnanya yang cantik membuat banyak orang terpesona dengannya. Namun ternyata keberadaan kuda laut saat ini sudah cukup sulit ditemui dan sedang menghadapai ancaman kepunahan. Banyak faktor yang menyebabkan mereka punah, seperti rusaknya terumbu karang yang merupakan habitat mereka, perburuan oleh manusia yang menjadikannya sebagai hiasan dan juga bahan obat.

Demikian fakta unik mengenai Kuda Laut yang perlu diketahui. Jangan lupa berbagi artikel mengenai fakta-fakta dan keunikan yang dimiliki oleh hewan lait bernama kuda laut ini. Anda bisa membagikannya dengan cara menekan tombol share atau memberikan komentar mengenai fakta unik seputar kuda laut tersebut di kolom komentar yang telah disediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik