Selasa, 23 Mei 2017

Mengunjungi Pameran Pendidikan Lamongan 2017

Selama bulan Mei di Kabupaten Lamongan, pasti selalu semarak dengan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Ke-448 Kabupaten Lamongan (HJL). Ada Jalan Sehat, Wisata Kuliner, Pameran, hingga berbagai atraksi dan tarian yang memanjakan warga Lamongan. Sebenarnya pengen banget berpartisipasi, berhubung lokasi kami jauh dari kota, jadinya tidak semua kegiatan bisa diikuti.
Pada Hari Senin sore kemarin tanggal 22 Mei 2017, sebanyak 30 anak TBM BINTANG BRILLIANT berkesempatan untuk mengunjungi pameran pendidikan di Alun-alun Lamongan. Pameran Pendidikan ini diadakan dalam rangka Hari Jadi Lamongan (HJL) ke 448.



Dari lokasi TBM BINTANG BRILLIANT di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, rombongan berangkat ke alun-alun Lamongan menggunakan 2 mobil. Semua tampak sumringah dan antusias sebelum dan selama perjalanan. Sebagian besar anak-anak banyak yang belum pernah mendatangi kegiatan pameran, sehingga ini jadi pengalaman pertama bagi mereka.

Selama ini anak-anak hanya mengetahui tentang teori dan informasi mengenai adanya sebuah pameran dari buku saja, jadi dengan datang langsung ke tempat seperti ini juga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran edukatif.



Karena ketidaktahuan dan minimnya informasi, kami masuk ke dalam arena pameran dari pintu yang salah. Harusnya pintu masuk di sebelah utara, tapi kami masuknya di pintu Selatan yang pada dasarnya adalah pintu keluar. Tapi hal itu tidak berpengaruh apa-apa karena di dalam juga keadaannya sama saja. Hanya tidak ada foto bersama saja di depan pintu masuk sebagai kenang-kenangan.

Saat memasuki areal pameran, kami langsung disuguhi deretan stand stand dari berbagai institusi pendidikan. Sebagian besar sudah jadi, namun sebagian kecil lainnya ada yang masih berbenah dan pasang berbagai perlengkapan pameran.

Stand pertama yang kami datangi adalah stand kakak-kakak Kelas Inspirasi Lamongan.  Disana kami disambut dengan gembira dan dipersilahkan untuk melihat-lihat isi dari stand mereka. Kesempatan tersebut juga kami gunakan untuk berfoto bersama, mumpung standnya luas dan dekorasinya bagus.





Setelah puas melihat stand Kelas Inspirasi, rombongan kami dari TBM BINTANG BRILLIANT melanjutkan ke stand-stand lainnya. Kami melihat-lihat dan mengamati satu per satu stan pameran yang diisi oleh institusi pendidikan, mulai dari sekolah SMP, sekolah SMA, UPT Pendidikan dari berbagai kecamatan juga dari Universitas Universitas di Lamongan. Kalau penjaganya ramah dan kelihatan sumringah kami memasuki standnya dan membubuhkan tanda tangan, tapi kalau penjaganya diam saja dan tampak jutek kami langsung melewatinya dan cuma melihat sekilas saja.



Salah satu stand favorit anak-anak adalah stand Perpustakaan Daerah Lamongan, maklum anak-anak  suka sekali membaca buku  jadinya kalau lihat buku selalu antusias. Berhubung waktunya tidak memungkinkan, jadinya cuma melihat judul-judulnya saja tidak sempat baca isinya.


Stand lain yang tak kalah menarik adalah stand dari Madrasah Tsanawiyah Almubarokah atau yang disingkat MAKAH. Sekolah ini mengusung tema Madrasah Open  Source (MOS). Salah satu hasil karyanya adalah menciptakan pembuatan pupuk organik berbahan air kencing kambing dan kelinci. Sekolah ini adalah juga almamater dari pengurus TBM BINTANG BRILLIANT, jadi serasa reuni dengan suasana sekolahnya.



Selain stand-stand tersebut diatas, rombongan TBM BINTANG BRILLIANT juga mampir ke beberapa stand lainnya. Ada beberapa anak dari TBM BINTANG BRILLIANT yang mendapatkan hadiah karena berhasil menjawab pertanyaan dari stand yang mengadakan game. Ada pula yang mendapatkan hadiah karena berhasil melakukan tantangan yang diberikan. Semua itu memberi pengalaman dan pengetahuan baru bagi anak-anak juga jadi cerita yang tak pernah bisa dilupakan.

Foto-foto lainnya bisa dilihat di bawah ini.









Reaksi:

0 komentar: