Senin, 02 Januari 2017

PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR DI TBM BINTANG BRILLIANT

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya,  untuk menarik minat baca masyarakat khususnya anak-anak, pengurus TBM BINTANG BRILLIANT mendampingi beberapa anak untuk belajar pelajaran sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR sekolah) mereka di TBM. Buku-buku di TBM yang kebanyakan masih buku pelajaran sangat membantu dalam pendampingan tersebut.

Karena dirasa banyak peningkatan prestasi di sekolah lama kelamaan banyak anak lain yang tertarik dan banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk belajar bersama di TBM. Sekarang Belajar Bersama membahas pelajaran sekolah menjadi kegiatan utama di TBM BINTANG BRILLIANT.



Anak-anak yang belajar siang hari


Pada awal berdiri pertengahan tahun 2011, anak yang didampingi belajarnya hanya 2 orang. lalu Awal tahun 2012 bertambah menjadi 5 orang, di pertengahan 2012 bertambah lagi menjadi 10 orang. Seiring perjalanan waktu makin banyak anak-anak yang belajar di TBM BINTANG BRILLIANT, bahkan anak-anak di luar desa tempat TBM juga banyak yang datang untuk belajar. Sekarang awal tahun 2017 anak-anak yang belajar mendekati 70 orang. Pengurus makin kuwalahan dalam melayani. Pengurus yang hanya 2 orang tak mampu mendampingi anak-anak yang membludak tersebut. Mereka biasanya datang sore hari selepas Sholat Maghrib.

Untuk mengatasinya, semenjak 3 tahun lalu pengurus menjadwal kedatangan anak-anak dalam beberapa shif agar bisa tetap terdampingi semuanya. Jadwal tersebut di sesuaikan dengan kelas masing-masing dan juga disesuaikan dengan jadwal mengaji mereka.



Untuk anak-anak TK, Kelas 1 dan kelas 2 jadwal belajarnya adalah jam 10 sd 12 siang selepas mereka pulang sekolah. Untuk anak-anak kelas 3 sd 6 yang mempunyai jadwal ngaji malam, shif pendampingan belajar mereka antara pukul 3 hingga pukul 5 sore. Sedangkan anak-anak kelas 3 sd 6 yang mengajinya siang, jadwal belajar mereka adalah habis maghrib pukul 6 hingga 8 malam. Cara belajarnya adalah dibagi berkelompok menurut kelasnya masing-masing sehingga tidak campur aduk.

Materi pelajaran disesuaikan dengan pelajaran mereka esok harinya.Khusus anak TK hanya diajari membaca dan menulis supaya lancar. Sedang untuk anak SD kelas 1 sd 6 Semua mata pelajaran dipelajari dan tidak dikhususkan ke pelajaran tertentu saja. Jika besok mata pelajaran matematika, maka hari ini belajar Matematika. Jika besok pelajaran bahasa maka belajar pelajaran bahasa begitu seterusnya. Skala prioritas adalah pelajaran yang sulit menurut mereka.



Berdasarkan hasil evaluasi belajar harian maupun evaluasi semester, anak-anak yang belajar di TBM BINTANG BRILLIANT rata-rata nilainya lebih tinggi daripada yang tidak belajar di TBM. Sebagian besar dari mereka mendapat peringkat 10 besar di kelasnya. Hal itu tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengurus dan membuat pengurus makin semangat dalam pendampingan belajar anak-anak. Setiap awal semester baru selalu ada anak baru yang datang dan ingin ikut belajar bersama. Mereka ini tidak mau kalah dengan teman-teman mereka yang sudah belajar di TBM BINTANG BRILLIANT yang ternyata nilai pelajarannya bagus.

Karena keterbatasan tempat dan ketiadaan waktu senggang, Pengurus TBM BINTANG BRILLIANT tidak bisa melakukan pendampingan belajar untuk anak-anak dan remaja usia sekolah SMP dan SMA. Meskipun banyak orang tua dan anaknya sendiri yang meminta belajar di TBM, namun saat ini TBM Bintang Brilliant dengan berat hati tidak bisa menerimanya.



Saat Musim Hujan juga menjadi kendala tersendiri, karena bangunan TBM belum permanen dan tertutup rapat sehingga saat hujan turun, banyak kebocoran dimana-mana. Kegiatan belajar mengajar juga tersendat. Tak jarang pengurus meminta anak-anak pulang jika hujan sudah mulai turun, khawatir buku dan pakaian mereka basah semua jika masih berada di TBM. Begitu juga jika listrik padam, kegiatan belajar mengajar juga langsung terhenti tidak bisa diteruskan karena ketiadaan cadangan lampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik