Rabu, 12 Oktober 2016

LANGKAH-LANGKAH PENDIRIAN TBM

Keberadaan TBM di tengah masyarakat sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan. Banyak sekali orang yang berjiwa sosial yang ingin mendirikan dan mengelola sebuah TBM sebagai salah satu upaya mencerdaskan anak bangsa dan berkontribusi pada negara.  Namun sebagian besar tidak tahu caranya.  

Berikut ini adalah langkah-langkah pendirian TBM berdasarkan pengalaman salah satu pengurus TBM BINTANG BRILLIANT.  Pengurus tersebut juga menulis di blog nya mengenai : SEKILAS TENTANG TBM BINTANG BRILLIANT.  Profil pengurus juga dapat dilihat Disini






TBM BINTANG BRILLIANT sendiri sudah berdiri sejak tahun 2011, langkah-langkah yang kami lakukan pada awal pendiriannya adalah  sebagai berikut :

1.  MENEGUHKAN NIAT
Meneguhkan niat menjadi awal yang harus dipenuhi. Karena dari niat yang kuat inilah nantinya bisa berhasil mencapai tujuan. Walaupun banyak kendala dan halangan tapi kalau niat sudah teguh dan kuat insyaallah selalu ada jalan.

2. MENGUMPULKAN BUKU
Produk utama dari sebuah TBM adalah buku. Mengumpulkan buku adalah hal wajib yang mesti dilakukan oleh orang yang mendirikan sebuah perpustakaan/TBM.  Walaupun bekas yang penting masih bisa dibaca. 

Pada awalnya buku yang dikumpulkan di TBM BINTANG BRILLIANT adalah buku dari koleksi pribadi pendiri/pengelola sendiri dan juga hasil meminta sumbangan dari beberapa teman serta tetangga. Buku tersebut dikumpulkan dalam rak yang kami buat sendiri dan langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang berkunjung dan belajar.



Saat awal-awal berdiri,  pengelola masih belum tahu bagaimana mekanisme dan prosedur dalam pengelolaan TBM yang baik dan benar.  Sehingga pengelolaan cuma begitu apa adanya sekedar mengumpulkan buku dan meminjamkan kepada orang yang pengen meminjam.  Administrasi juga belum teratur.  

Baca juga : Kendala Awal Pendirian TBM

3. KEPO
Berhubung tidak begitu paham dengan pengelolaan TBM, langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah browsing segala sesuatu tentang pengelolaan TBM di internet. Pengurus juga berkunjung ke perpustakaan daerah dan juga ke TBM terdekat. Hal ini dimaksudkan agar mengetahui secara jelas bagaimana mekanisme dan prosedur pengelolaan TBM yang detail dan benar.

4. MEMINTA SURAT KEBERADAAN DESA
Area Layanan TBM BINTANG BRILLIANT adalah di Desa tempat tinggal pengelola, tepatnya di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Agar keberadaan diakui dan dianggap ilegal pertama - tama surat yang harus dilengkapi adalah Surat Keterangan dari Desa. Surat dari Desa berisi keterangan domisili dan juga persetujuan dari pemerintah desa untuk pendirian TBM. Hal ini dimaksudkan untuk mendapat legalitas dari Kepala Desa juga digunakan untuk mengurus Akta Notaris.

5. MEMBUAT AKTA NOTARIS
ini penting untuk legalitas lembaga di mata hukum sehingga diakui negara. Akta notaris ini bisa dibuat secara mandiri langung atas nama TBM atau ikut dalam lembaga/yayasan tertentu. Kebetulan milik kami ikut dalam nama lembaga bukan atas nama TBM  langsung. Akta notaris juga bisa memudahkan dalam pengajuan proposal

6.IZIN KE DINAS TERKAIT 
Langkah selanjutnya adalah pergi ke UPT dinas pendidikan di wilayah kecamatan untuk meminta izin pendirian sekaligus rekomendasi. Pegawai UPT dinas pendidikan akan melakukan survei langsung ke lokasi TBM untuk mengetahui dari dekat kegiatan TBM juga memastikan ada tidaknya TBM tersebut.
Setelah izin dari UPT Dinas Pendidikan didapat, langkah selanjutnya adalah pergi ke DINAS PENDIDIKAN wilayah Kabupaten. Di Instansi ini kami diarahkan ke seksi bagian pendidikan non formal. Disana diberi penjelasan tentang dokumen yang harus dibawa dalam pendaftaran (di tiap daerah dokumen yang dibutuhkan berbeda - beda,  jadi Anda bisa tanyakan sendiri kesana).  


Saat berkas sudah lengkap pendaftaran TBM langsung dilakukan dan kami mendapat Surat Penetapan TBM. Dengan demikian TBM kami secara resmi telah berdiri dan terdaftar. Demikianlah langkah-langkah kami dulu dalam mendirikan TBM ini. Mengenai kegiatan dan segala sesuatu mengenai TBM bisa dibaca di postingan lainnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik