World Cleanup Day Bersama TBM Bintang Brilliant

Pada tanggal 15 September 2018, World CleanUp Day atau peringatan hari bersih-bersih sedunia secara serentak dilaksanakan di 150 negara, salah satunya adalah Indonesia. Kegiatan ini melibatkan sekitar 10 persen atau kurang lebih 350 juta penduduk dunia dan menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia.



Bertempat di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan, kami dari TBM Bintang Brilliant juga ikut berpartisipasi dalam World Cleanup Day 15 September tersebut. Kegiatan ini dilakukan oleh kurang lebih 100 anak dan relawan. Mereka memunguti sampah plastik yang berserakan dan ditemui di area Kebun Raya Purwodadi Pasuruan.




Penetapan areal Kebun Raya Purwodadi sebagai tempat berlangsungnya World Cleanup Day tersebut dikarenakan tempat tersebut merupakan lokasi kegiatan program Bebas Bagaikan Burung yang menjadi jujugan di hari tersebut. Selain bisa mempelajari berbagai literasi sains dan mengetahui aneka flora dan fauna Indonesia, di tempat tersebut kami juga bisa menjadi bagian dari masyarakat dunia dalam gerakan bersih-bersih lingkungan.

Kegiatan ini bukan hanya berdasarkan pada momen yang mendunia tapi setidaknya dengan tindakan yang sederhana tersebut bisa menginspirasi banyak orang supaya bisa menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Pada akhirnya nanti bumi bisa bersih dan bebas dari sampah.



Sampah yang terkumpul pasca kegiatan kemudian diserahkan kepada petugas di Kebun Raya Purwodadi supaya bisa dikelola dan di tempatkan di tempat yang seharusnya sampah itu berada. Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran manusia khususnya para generasi muda dan anak-anak akan isu sampah yang sudah menjadi isu global yang didiskusikan di berbagai negara.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.