Tour Kebun Raya Purwodadi Program Bebas Bagaikan Burung Part 2

Tour Kebun Raya Purwodadi Pasuruan dalam rangka Program Bebas Bagaikan Burung Part 2 TBM Bintang Brilliant dilaksanakan pada tanggal 6 September 2018. Karena padatnya jadwal Agustusan dan juga terbentur akreditasi sekolah, pelaksanaan kegiatan ini mundur 5 hari dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berdasarkan jadwal yang seharusnya tour part 2 ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 September 2018, namun mundur sampai hari Kamis tanggal 6 September. Meskipun jadwalnya mundur, namun model dan pelaksanaan kegiatan masih sama dengan kegiatan tour part 1 kemarin yang dilaksanakan tanggal 9 Agustus. Yang membedakan hanyalah terletak pada baju - seragam yang digunakan.

Jika sebelumnya anak-anak dan orang tua menggunakan baju bebas, maka untuk tour kedua ini mereka menggunakan baju olahraga sekolah masing-masing. Hal ini dimaksudkan supaya mudah dalam pengidentifikasian dan juga pengorganisasian. Karena hampir semua anggota komunitas TBM Bintang Brilliant bersekolah di MI ISLAM PUCANGRO, maka seragam olahraga dari sekolah tersebutlah yang digunakan.


Sesuai dengan Rencana pelaksanaan Rombongan kedua kali ini sejumlah 108 orang. Jumlahnya Lebih banyak dari tour sebelumnya. Relawan kordinatornya juga lebih banyak. Berangkat dari Desa Pucangro sekitar pukul 06.00 WIB, kami sampai di Kebun Raya Purwodadi sekitar pukul 10.00 WIB. Berhubung kami sendiri yang tidak sesuai jadwal, maka di tour kedua ini kami tidak bertemu dengan 2 komunitas lain yang melakukan kegiatan sejenis karena mereka berangkatnya sesuai jadwal.

Sesampainya di Kebun Raya Purwodadi, Program Bebas Bagaikan Burung langsung dilaksanakan. Kali ini masih sama dengan sebelumnya yakni permainan Bingo dan Moment Of Silent. Untuk kegiatan menggambar tema bebas ditiadakan. 


Dalam permainan Bingo, anak-anak bersama keluarganya diminta untuk berjalan-jalan bersama di dalam areal Kebun Raya Purwodadi. Mereka membawa lembar Bingo, alat tulis, dan kamera atau handphone untuk memotret. Tugasnya adalah menemukan objek-objek seperti pada lembar Bingo.

Jika menemukan salah satu objek dalam gambar mereka diwajibkan untuk memberi tanda silang (x) pada gambar dan memfoto objek tersebut menggunakan kamera atau handphone sebagai bukti. Apabila berhasil membuat satu garis ke samping, ke bawah, atau miring tanpa ada penghalang maka dianggap berhasil melakukan permainan.

Semua keluarga kemudian berpencar mencari objek-objek pada gambar. Disini terlihat antusias anak-anak. Mereka mengajak orang tuanya berkeliling dan menemukan objek yang terdapat pada gambar. Bahkan ada yang mengajak menyewa sepeda onthel yang memang disewakan di sana dan berkeliling bersama.



Pada sesi 2 ini kesulitan masih sama, yakni semua keluarga mengeluhkan sulit menemukan objek burung. Bahkan sarang burung juga tidak terlihat sama sekali. Cuma suaranya dari kejauhan yang  terdengar. Mungkin di Tour selanjutnya kalau binokular sudah datang, anak-anak beserta orang tuanya bisa melihat burung lewat alat tersebut.

Setelah selesai bermain Bingo, para keluarga diajak untuk istirahat sejenak. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok kecil dan diajak berdiskusi bersama mengenai apa yang mereka rasakan dan kesan kesan kegiatan ini. Ada beragam cerita dan kesan unik yang terungkap serta menambah keceriaan hari ini.

Kegiatan terakhir adalah Moment Of Silent. Peserta diajak duduk melingkar dan Pemandu mengajak untuk tetap  tenang serta tidak mengobrol atau melakukan apapun selama 5 menit. Semuanya diharapkan memejamkan mata sejenak sambil merasakan ketenangan Alam dan hanya mendengar suara-suara alam tanpa melihatnya. Setelah itu menuliskan apa yang didengarnya di 4 penjuru mata angin pada kertas yang disediakan.



Setelah sesi Moment Of Silent berakhir, kertas-kertas kemudian dikumpulkan jadi satu dan semuanya diberikan waktu sejenak untuk istirahat dan melakukan aktifitas pencarian diinginkan di areal Kebun Raya Purwodadi. Ada yang memilih bersepeda berkeliling sambil mencari air terjun, ada yang bermain-main, berloncatan kesana kemari. Tak sedikit pula yang selfie kesana kemari. Bahkan ada sekelompok ibu-ibu yang menggelar makanan dan bikin rujak bersama.


Dari kegiatan ini ada banyak manfaat yang didapatkan, selain bisa berwisata bersama keluarga mereka juga bisa berkumpul, bersenda gurau dan melakukan banyak hal di alam bebas. Sesuatu hal yang jarang bisa dilakukan bisa dilakukan bersama saat kegiatan ini. Hal tersebut juga memberi pengalaman yang berkesan.

Sekitar pukul 14.00 WIB semuanya diajak pulang dan mengakhiri Tour Kebun Raya Purwodadi Program Bebas Bagaikan Burung part. Kegiatan selanjutnya di part 3 insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 15 September.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.