Kembali Belajar dan Berpetualang dalam Program Bebas Bagaikan Burung Part 3 & 4

Tour Kebun Raya Purwodadi Pasuruan dalam rangka Program Bebas Bagaikan Burung terus berlanjut. Setelah sebelumnya sukses dengan tour Pasuruan part 1 dan Tour Pasuruan Part 2, tanggal 15 September kemarin telah dilaksanakan tour Pasuruan part 3 & 4 dalam rangka Program Bebas Bagaikan Burung.


Tour kali ini memang sedikit melenceng dari perencanaan kegiatan karena adanya berbagai pertimbangan. Diantaranya karena kesibukan kordinator dan juga jadwal sekolah anak-anak yang mendekati waktu ujian sekolah (UTS Ganjil). Disamping itu ada beberapa pertimbangan lain yang tidak bisa dijelaskan semuanya disini.

Tour ke Pasuruan part 4 yang rencananya dilaksanakan tanggal 29 September, waktu pelaksanaannya dijadikan satu dengan Tour ke 3 ini yakni tanggal 15 September 2018. Untuk tour Tanggal 29 September ditiadakan.

Dalam tour Program Bebas Bagaikan Burung kali ini, TBM BINTANG BRILLIANT mengajak lebih banyak orang untuk berpartisipasi. Kalau biasanya hanya menggunakan 2 bis, kali ini perjalanan dilakukan dalam 4 bis super besar. Lebih dari 200 orang yang ikutan. Ada anak-anak dan orangtuanya juga.


Berhubung peserta yang ikut lebih banyak dari sebelumnya, molornya jadwal pemberangkatan tidak dapat dihindari. Perjalanan yang sebelumnya direncanakan berangkat pukul 6 pagi, molor 1 jam menjadi pukul 7 pagi. Alhasil sampai di lokasi waktunya juga lebih siang dari biasanya.

Supaya lebih mudah dalam pengidentifikasian dan juga pengorganisasian, anak-anak yang ikut dalam tour semuanya menggunakan baju seragam sekolah dalam hal ini adalah kaos Olahraga. Dengan demikian pengawasan juga jauh lebih mudah.  Karena hampir semua anggota komunitas TBM Bintang Brilliant bersekolah di MI ISLAM PUCANGRO, maka seragam olahraga dari sekolah tersebutlah yang digunakan.

Pada pelaksanaan Program Bebas Bagaikan Burung part 3 & 4 ini, Binokular yang digadang-gadang akan digunakan ternyata masih tertahan di Bea Cukai Jakarta. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran masih menggunakan lembar Bingo dan ditambah dengan permainan-permainan lainnya.


Di Kebun Raya Purwodadi, kami masih bertemu dengan rombongan dari TBM Alam Riang Jombang yang juga sedang melakukan kegiatan yang sama. Sedangkan Mts Kebomas Gresik memilih lokasi lain sebagai tempat pembelajaran.

Ada 4 kegiatan yang dilakukan dalam Program Bebas Bagaikan Burung part 3 & 4. Kegiatan tersebut adalah :
1. Permainan Bingo
2. Partisipasi dalam World Cleanup Day
3. Find a tree by the smell
4. Find a tree by the shape

#PermainanBingo 

Dalam permainan Bingo, anak-anak bersama keluarganya diminta untuk berjalan-jalan bersama di dalam areal Kebun Raya Purwodadi. Mereka membawa lembar Bingo, alat tulis, dan kamera atau handphone untuk memotret.


Para peserta diminta untuk mencari benda-benda yang ditampilkan dalam lembar Bingo #2 dan memberikan tanda silang pada gambar jika menemukan objek yang dimaksud. Jumlah benda atau objeknya lebih banyak daripada lembar Bingo 1 yang sudah di cari dalam trip 1 dan 2. Selain moncoret tanda gambar, peserta juga harus berfoto dengan latar belakang objek tersebut sebagai bukti.

Partisipasi dalam World Cleanup Day

Karena berbarengan dengan Peringatan World CleanUp Day 2018 tanggal 15 September, didalam lembar bingo yang diberikan, ada gambar sampah yang harus dicari keberadaannya di areal Kebun Raya Purwodadi. Selain harus difoto, sampah-sampah tersebut juga harus dipungut dan dimasukkan ke dalam tempat yang disediakan. Ulasan mengenai hal ini sudah diposting sebelumnya dengan judul : World Cleanup Day Bersama TBM BINTANG BRILLIANT


Setelah selesai bermain Bingo, para keluarga diajak untuk istirahat sejenak. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok kecil dan melakukan permainan "Find a tree by the smell and the leaf shape"

Find a tree by the smell

Pada permainan ini, Kordinator atau Relawan mengambil 5 jenis daun. ada yang kering dan ada yang segar. Daun-daun tersebut ditutup kain supaya peserta tidak mengetahui rupa dan jenisnya. Kemudian peserta atau seluruh anggota keluarga diberi waktu sekitar 1 menit untuk menghafal bentuk daun yang dimaksud. Setelah itu diminta untuk mencari daun yang sama.




Pada permainan ini ada kehebohan yang tercipta, semua anggota keluarga bergerak serentak untuk mencari daun yang dimaksud. Mereka berpencar kesana kemari mencari jenis daun yang sama. Namun  sayangnya di Hasil akhir ternyata tidak ada yang bisa mencari/menemukan ke 5 daun yang sama persis. Banyaknya ragam flora di Areal Kebun Raya Purwodadi agaknya membingungkan para peserta dalam membedakan bentuk daun.

Find a tree by the shape

Permainan selanjutnya adalah "Find a tree by the shape" yang melibatkan orangtua dan anaknya. Aturan mainnya adalah harus ada 1 orang anggota keluarga harus ditutup matanya lalu dituntun oleh anggota keluarga yang lain untuk berjalan ke sebuah pohon.


Orang yang ditutup matanya diberikan waktu sebentar untuk meraba dan mengenali pohon yang dipegang. Kemudian diajak kembali ke tempat semula dan dibuka matanya. Orang yang ditutup matanya diminta untuk menebak pohon yang dimaksud.

Karena keterbatasan waktu dan juga kurangnya jumlah relawan, tidak semua keluarga yang dapat melakukan permainan ini. Hanya beberapa keluarga saja yang melakukan dan yang lainnya menjadi penonton. Dalam permainan ini rata-rata semua orang benar dalam menjawab/menerka pohon yang dimaksud.

Makna dari kegiatan dan permainan-permainan tersebut adalah kita dapat menikmati alam dan melakukan kegiatan-kegiatan asyik yang menyatu dengan alam. Dengan berwisata alam seperti ini bersama keluarga, banyak manfaat yang bisa diraih. Diantaranya membangun kreativitas, meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi stress, menambah gairah hidup dan menambah keharmonisan keluarga serta menjalin persahabatan yang lebih erat dengan keluarga lainnya.

Tour atau perjalanan ke Pasuruan dalam rangka Program Bebas Bagaikan Burung selanjutnya insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober dan juga 27 Oktober. Siap-siap zaaaa...

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.