Prestasi TBM Bintang Brilliant Sampai Akhir 2017

Seiring perjalanan waktu, ternyata ada banyak prestasi dan keberhasilan yang telah di raih oleh TBM Bintang Brilliant dari awal mula berdiri hingga saat ini. Prestasi dan keberhasil tersebut tentunya diraih dengan banyak perjuangan dan juga tahapan-tahapan yang tidak mudah. Postingan-postingan mengenai prestasi TBM Bintang Brilliant ini bukan untuk pamer atau gaya-gayaan, tapi dijadikan pengingat sekaligus motivasi di masa depan. Semoga di tahun-tahun mendatang lebih banyak lagi prestasi yang diraih. 
Berikut ini diantaranya :  


1. Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten
Berkat pendirian dan pengelolaan TBM, Tahun 2013 salah satu pengurus TBM Bintang Brilliant atas nama MUnasyarotul Fadlilati, mendapatkan penghargaan sebagai Pemuda Pelopor bidang pendidikan di tingkat Kabupaten Lamongan mewakili Kecamatan Kalitengah. 
Di Tahun 2014, salah satu pengurus yang lain atas nama Nur Intan Wiyati juga mendapatkan penghargaan yang sama, yakni Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan di tingkat Kabupaten Lamongan mewakili Kecamatan Kalitengah.. 

2. Nominator Sayembara Prakarsa Masyarakat Jawa Timur
Pada bulan Oktober 2014, kegiatan rancangan TBM Bintang Brilliant berhasil masuk dalam 10 nominator sayembara Prakarsa Masyarakat Jawa Timur. kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsi Jawa Timur. Saat itu, rancangan yang diajukan adalah mengenai pengelolaan sampah dan pendirian bank sampah. Sayangnya tidak lolos 3 besar. Ulasan mengenai kegiatan tersebut dapat dibaca di blog yang berjudul : Perjalanan Ikut Sayembara Prakarsa Masyarakat  dan Presentasi Prakarsa Masyarakat

3. 100 Besar Gramedia Reading Competition
Tahun 2016, TBM Bintang Brilliant berhasil masuk dalam 100 Besar Gramedia Reading Competition yang diselenggarakan oleh penerbit Gramedia. Hal ini mengisyaratkan bahwasanya keberadaan TBM Bintang Brilliant beserta kegiatan-kegiatnnya layak untuk diperhitungkan. Gramedia Reading Competition 2016 diikuti oleh lebih dari 800 TBM dari seluruh Indonesia, Bisa masuk menjadi 100 besar itu menjadi kebanggaan yang luar biasa.
Tim Gramedia Reading Competition survei ke TBM Bintang Brilliant

Tim Gramedia sempat berkunjung dan wawancara dengan pengurus Bintang Brilliant dalam rangkaian seleksi ini, namun keberuntungan masih belum berpihak pada TBM Bintang Brilliant. Kami cukup hanya masuk 100 besar.

4. Undangan Khusus Green Educator Course di Bali         
     Berkat berbagai kegiatan yang dilakukan dalam aktifitas literasi sains, pada bulan Oktober 2017, salah satu pengurus TBM Bintang Brilliant mendapatkan undangan khusus dari Organisasi Green Books untuk mengikuti Green Edukator Course di Green School Bali secara gratis. Green School sendiri adalah Sekolah Internasional di Canggu Bali yang mengajarkan pendidikan berbasis kelestarian lingkungan melalui strategi pengajaran inovatif dan pengimplementasian langsung di dalam dan di luar kelas. 
 
Kegiatan di Green Books sebelum Green Educator course
Adanya Green Edukator Course (Kursus Pendidik Hijau) yang diikuti oleh salah satu pengurus TBM Bintang Brilliant ini tentunya menjadi sebuah pengalaman yang langka sekaligus berharga. Karena tidak semua orang bisa mengikutinya. Green Educator Course biasanya diikuti oleh berbagai perwakilan lembaga atau perorangan dari seluruh dunia.Perjalan mengikuti kegiatan ini dibahas dalam : Dari Green Books menuju Green Scholl

Pasca mengikuti kegiatan ini, pengurus mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman baru mengenai pendidikan lingkungan hidup yang sebenarnya. Pengetahuan dan pemahaman ini selanjutnya di tularkan pada pengurus lain dan juga anak-anak serta masyarakat yang datang ke TBM Bintang Brilliant. 

5. Peserta Program Tali Integritas

Di akhir tahun 2017 tepatnya pada bulan Desember 2017, TBM Bintang Brilliant terpilih sebagai salah satu pelaksana Program Taman Literasi Integritas (Tali Integritas) yang diselenggerakan oleh Pusat Edukasi Anti Korupsi KPK yang bekerjasama dengan Forum TBM Pusat. Bersama dengan 39 TBM lain dari seluruh Indonesia, pengurus TBM Bintang Brilliant dilantik menjadi Panglima Integritas yang tugas utamanya adalah mengimplementasikan Program Tali Integritas dan menebarkan nilai-nilai anti korupsi melalui literasi.        


Baca juga :  
Demikianlah Prestasi TBM Bintang Brilliant sampai akhir 2017 yang bisa dituliskan. menghadapi tahun 2018 ini ada banyak prestasilain yang menanti. Diantaranya program residensi literasi. Selain itu semoga  ada banyak lagi prestasi lainnya.




No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.