Kuis Ranking Satu Tema Integritas


Dalam rangka mengisi liburan sekolah dan menambah khasanah pengetahuan serta menguji kecerdasan anak-anak, di TBM Bintang Brilliant telah diadakan kuis Ranking Satu dengan mengambil tema tali Integritas. Ini adalah variasi dari lomba cerdas cermat yang sudah dilakukan sebelumnya, namun dalam kategori perorangan.


Sesuai temanya, pertanyaan/soal yang diajukan berkisar tentang materi-materi yang terdapat dalam bahan pustaka Tali Integritas. Peserta menjawab pertanyaan yang diajukan, jika benar mereka tetap ditempat dan jika salah harus keluar dari arena menjadi penonton. Nantinya akan didapat satu pemenang yang dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan benar dan di beri predikat Ranking Satu. 

Dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung membuat anak anak lebih giat belajar dan mencari sumber referensi dari tema yang diambil sehingga pengetahuan dan wawasan jadi bertambah. Buku Serial Si Kumbi menjadi materi soal yang di ajukan. 

Alur Pelaksanaan

Peserta duduk rapi sesuai dengan fasilitas tempat yang disediakan. Setiap peserta diberikan 3 buah kertas yang bertuliskan huruf A, huruf B dan huruf C. Soal dalam kuis Ranking Satu Tema Integritas ini jawabannya berupa pilihan ganda. 3 Kertas yang diberikan digunakan untuk menjawab setiap soal yang diajukan. Jadi tidak perlu menulis jawabannya, cukup mengangkat tinggi-tinggi salah satu kertas yang diberikan.


Konsep kegiatan agak berbeda dengan lebih kuis Ranking Satu yang diadakan pada lomba Agustusan Bintang Brilliant yang menulis jawabannya di papan. 

Karena berupa pilihan ganda yang relatif lebih mudah, Batas waktu menjawab soal hanyalah 10 detik saja. Jika ada peserta yang tidak mengangkat jawaban Lewat dari batas 10 detik maka dapat dikatakan kalah dan harus keluar dari arena. Di tahap ini kejujuran dan integritas dari peserta juga dapat dilihat jelas.  


Kecurangan bisa saja terjadi dalam kegiatan ini, seperti peserta yang mencontek jawaban teman lain atau melakukan hal lainnya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa integritas pada anak-anak belum sepenuhnya terserap pada jiwa mereka.

Lomba Ranking Satu Tema Integritas bukan hanya mengandalkan pengetahuan dan pemahaman saja, namun ternyata langsung bisa dilihat dalam pelaksanaan. Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu pembelajaran yang menyenangkan. Semoga lomba atau kuis semacam ini bisa dilakukan secara rutin dan memberikan banyak manfaat untuk anak-anak.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.