Mengunjungi Pameran Pendidikan Lamongan 2018

Dalam rangka memberikan edukasi sekaligus memperkenalkan berbagai lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Lamongan, anak-anak anggota TBM Bintang Brilliant diajak untuk mengunjungi pameran Pendidikan Kabupaten Lamongan 2018. Pameran Pendidikan ini sendiri adalah salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Jadi Lamongan ke 449 dan dilaksanakan selama 3 hari, yakni tanggal 11-13 Mei 2018.


Di tahun lalu, anak-anak sudah pernah Mengunjungi Pameran Pendidikan Lamongan 2017 di alun-alun Lamongan. Di tahun ini, ingin mengulang kegiatan tersebut, namun dengan peserta yang berbeda. Jika tahun sebelumnya diikuti oleh sekitar 50 anak, kunjungan Pameran Pendidikan 2018 ini hanya diikuti oleh sekitar 20 anak. Adanya miss komunikasi membuat banyak anak yang tidak bisa mengikuti kunjungan tahun ini.

Sama seperti pameran pendidikan sebelumnya, Pameran pendidikan 2018 diikuti oleh sekolah SMP, SMK, dan SMA di jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, serta UPTD Dinas Pendidikan kecamatan se-Kabupaten Lamongan. Selain dalam rangka hari jadi Lamongan yang ke-449, Pameran Pendidikan tersebut juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.


Pelaksanaan pameran pendidikan diselenggarakan di Alun-alun Kota Lamongan, tepatnya di depan Pendopo Kabupaten Lamongan. Acara dibuka pada hari Jumat pukul 15.30 WIB dan ditutup pada malam hari tanggal 13 Mei 2018. Anak-anak TBM Bintang Brilliant sendiri berkesempatan mengunjungi pameran pendidikan 2018 pada sore hari menjelang Maghrib hari Sabtu tanggal 12 Mei 2018.

Pada jam kunjungan tersebut, pameran pendidikan 2018 di alun-alun Lamongan sedang ramai-ramainya. Banyak sekali pengunjung lainnya yang juga sedang mengunjungi Pameran Pendidikan. Alhasil anak-anak kurang nyaman karena harus berdesak-desakan. Kunjungan ke berbagai stand juga kurang maksimal. Namun hal itu tidak mengurangi antusias dan rasa keingintahuan yang besar mereka pada apa-apa yang disuguhkan dalam pameran.

Stand pertama yang dikunjungi anak-anak TBM BINTANG BRILLIANT adalah stand Kelas Inspirasi Lamongan. Di stand ini, selain bisa foto-foto dengan background yang kece dan juga perlengkapan yang keren, anak-anak juga bisa bermain ular tangga raksasa yang bisa dimainkan secara langsung. Tak perlu bidak atau pion karena mereka sendirilah yang melangkah sesuai jalur, naik tangga serta turun terkena mulut ular. Aturan mainnya sama persis dengan permainan ular tangga pada umumnya. Selain itu, di stand Kelas Inspirasi Lamongan anak-anak dapat menulis cita-cita mereka dan menempelkannya pada papan impian.



Setelah dari stand Kelas Inspirasi Lamongan, perjalanan dilanjutkan ke stand-stand lainnya. Walaupun terkadang berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya namun kaki-kaki kecil mereka terus melangkah. Kalau ada yang menarik perhatian, mereka segera mampir dan bertanya banyak hal tentang apa yang dilihatnya tersebut.

Ada banyak hal-hal baru dan menarik yang ditemui anak-anak saat kunjungan Pameran Pendidikan 2018 tersebut. Diantaranya berbagai macam barang unik yang dibuat dari barang bekas/sampah, pembuatan panel Surya sederhana, teknologi listrik dari baterai hingga budidaya tanaman hidroponik. Selain itu anak-anak juga bisa sedikit mengenal kehidupan dinosaurus saat pra sejarah dan juga belajar membatik secara langsung.



Di beberapa stand yang agak sepi namun mempunyai background yang menarik, anak-anak juga minta foto bersama sebagai kenang-kenangan. Secara garis besar anak-anak sangat menikmati kunjungan ini dan mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru. Next time mereka ingin bisa datang lagi kalau ada acara-acara semacam ini.

Berikut video cuplikan aktivitas anak-anak TBM BINTANG BRILLIANT saat mengunjungi Pameran Pendidikan Lamongan 2018 :


Baca juga :



No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.