LOMBA CERDAS CERMAT TEMA INTEGRITAS

Selain mengadakan kegiatan belajar bersama, secara periodik di TBM Bintang Brilliant juga diadakan kegiatan-kegiatan lain yang menarik. Salah satunya adalah lomba cerdas cermat. Pada program Tali Integritas, lomba cerdas cermat merupakan salah satu kegiatan yang diajukan dan mendapatkan apresiasi yang tinggi.


Cerdas Cermat merupakan kegiatan favorit anggota TBM Bintang Brilliant dan secara berkala sesuai situasi dan kondisi. Pada tanggal 2 Mei 2018, bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, TBM Bintang Brilliant mengadakan kegiatan lomba cerdas cermat.

Seperti kegiatan lainnya, pada lomba cerdas cermat ini pelaksanaannya juga secara sederhana. Walaupun demikian tidak mengurangi semangat anak-anak dalam mengikutinya. Pada lomba ini khasanah pengetahuan dan kecerdasan anak diuji serta dibandingkan dengan anak-anak lain. Kemeriahan sungguh terasa dan semangat belajar makin bertambah.


Cerdas cermat kali ini mengambil tema integritas dan pertanyaan didalamnya terkait dengan tema-tema integritas. Diikuti oleh 4 tim dan masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Pelaksanaannya terbagi atas 3 babak yakni :

Babak I
Setiap tim mendapatkan 10 pertanyaan yang sama dan jawaban ditulis di selembar kertas yang disediakan. Setelah 10 pertanyaan diajukan, lembar jawaban diserahkan dan dilakukan penilaian. Tiap jawaban benar nilainya 20 dan jawaban salah nilai 0. Pada babak pertama ini berhasil dimenangkan oleh tim D



Babak 2
Pada babak ini, tiap tim mendapatkan masing-masing mendapat pertanyaan uraian yang berbeda dan harus dijawab dengan benar. Jika tidak bisa menjawab, maka dilemparkan pada tim lainnya.  Tim yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan nilai, sedangkan yang salah tidak mendapatkan apa-apa. Di babak ini berhasil dimenangkan oleh tim B.

Babak 3
Ini adalah babak penentuan dan merupakan pertanyaan rebutan. Tiap tim harus cepat dan tepat dalam menjawab. Tim yang mengacungkan tangan paling dulu diberi toleransi waktu 15 detik untuk menjawab soal. Jika jawaban benar dapat nilai 100, sedang jika salah dikurangi 10. Di babak ini semua nilai dari babak sebelumnya dipertaruhkan. Yang sering salah dalam menjawab, nilainya akan terus berkurang. Sebaliknya yang bisa menjawab dengan cepat dan benar, nilainya akan terus bertambah. Pada babak ini, tim D kembali memenangkan jalannya lomba dan berhasil mengumpulkan nilai terbanyak.


Kegiatan lomba ini memang tidak ada hadiahnya, namun tidak menyurutkan anak-anak buat mengikutinya. Bukan kalah atau menang yang dicari, namun  pengalaman dan pengetahuan baru yang didapat saat proses kegiatan berlangsunglah yang ingin didapatkan. Kegiatan ini juga dilakukan untuk lebih menarik minat anak-anak untuk datang berkunjung ke TBM Bintang Brilliant dan meningkatkan kreativitas dan prestasi anggota.

Baca juga :



No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.