Eco-Activity #12 - Membuat Tas Botol


Kegiatan kali ini masih satu rangkaian dengan kegiatan - kegiatan Eco-Activity sebelumnya. Ide kegiatan berasal dari GREEN BOOKS donatur buku buku lingkungan yang jadi salah satu donatur buku di TBM Bintang Brilliant. Adapun temanya adalah Pengelolaan Sampah dan Pengelolaan Sumber Daya Air.



Berdasarkan petunjuk dan arahan yang diberikan, kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh minimal 15 anak. Namun karena berbagai pertimbangan dan juga tidak ada ketersediaan waktu yang cukup untuk mengumpulkan 15 anak dalam satu waktu, maka kegiatan dilakukan beberapa kali sesuai dengan kedatangan anak-anak di TBM dan ketersediaan waktu mereka. Karena mereka ke TBM maksimal hanya bisa 2 jam saja, satu tas botol tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu, butuh 2 hari buat menyelesaikan,

Baca juga :
Tujuan dari Eco-Activity ini adalah memberi ketrampilan sederhana pada anak-anak dan masing-masing anak bisa memiliki tas botol hasil buatan sendiri. Anak-anak TBM BINTANG BRILLIANT sendiri tidak terbiasa membeli air minum dengan botol kemasan, mereka memang lebih suka membawa botol air dari rumah untuk keperluan sendiri. Jadi adanya tas botol ini tentu membantu mereka saat membawa botol minuman masing-masing.


Tas botol ini secara tidak langsung dapat membantu lingkungan terbebas dari sampah, dan mereka membantu diri mereka sendiri untuk kreatif. Berhubung tas botol ini berasal dari Plastik, diharapkan anak-anak tergerak untuk menciptakan kreasi anyaman plastik lainnya dan dapat menularka  ke orang-orang dewasa lainnya.

Alat dan Bahan Yang dibutuhkan :
1. 3 buah kantung plastik bekas dalam keadaan bersih (per anak)
2. Gunting
3. Botol minum

CARA PEMBUATAN
  1. Kantong kresek dilipat sebanyak 3 kali. Bagian ujung kanan dan kiri dipotong, lalu lotong-potong plastik menjadi beberapa lajur.

  2. Buka lipatan lajur plastik.Buat menjadi seperti tali.
  3. Pilih 16 lajur plastik. 

  4. Ikatkan lajur pada seutas tali plastik.
  5. Tali plastik untuk dasar tas dapat dibuat dari lajur plastik yang dipotong
  6. Ikatkan kedua ujung tali untuk membuat dasar tas. Potong sisa tali
  7. Sambungkan ujung setiap lajur dengan lajur tambahan.
  8. Ambil 4 lajur. Buat simpul dari keempat lajur tersebut. Cara membuat simpul adalah sebagai berikut :
  • Letakkan lajur kanan di atas 2 lajur tengah. 
  • Letakkan lajur kiri di atas lajur kanan, tetapi di bawah 2 lajur tengah, lalu masukkan pada lubang. 
  • Ulangi dari arah sebaliknya. Letakkan lajur kiri di atas 2 lajur tengah. 
  • Letakkan lajur kanan di atas lajur kiri, tetapi di bawah 2 lajur tengah, lalu masukkan pada lubang. Ulangi hingga semua 4 kelompok lajur berhasil disimpul.
  • Ambil 2 lajur dari tiap kelompok untuk menjadi kelompok simpul baru.

9. Setelah melakukan 3 ronde pembuatan simpul, letakkan botol di bagian tengah untuk menjadi cetakan. Lanjutkan menyimpul hingga 5 ronde.
10. Jika lajur plastik tidak cukup panjang, kita bisa memperpanjangnya lagi.
11. Setelah selesai membuat 5 ronde, buat tali selempang dengan membuat simpul pada 2 kelompok lajur (2 x 8 lajur) dengan teknik yang sama. Lanjutkan menyimpul hingga mencapai panjang yang kamu inginkan.
13. Potong sisa lajur plastik lalu ikatkan satu sama lain.
14. Tas Plastik sudah jadi.

Hasil kreasi dan kegiatan anak-anak TBM Bintang Brilliant bisa dilihat di video berikut.



Jujur, pengurus sendiri awalnya kesulitan untuk membuat tas botol plastik ini. Tapi beruntung ada salah satu anak yang cerdas dan kreatif, dia bisa bikin sendiri sesuai arahan. Pengurus tinggal mengabadikan kreasinya tersebut dan menjadi percontohan bagi anak-anak lainnya.

Setelah melihat video yg diupload sebelumnya, banyak anak-anak yang tertarik untuk membuat Tas Botol Dari Plastik ini. Awalnya dikira susah tapi ternyata gampang banget. Mereka bisa membuatnya dengan panduan video yang dilihatnya. Untuk efisiensi waktu satu botol plastik dibuat oleh 2 orang anak. Mereka bergantian dan saling bantu membantu membuat tas botol dari Plastik.

Karena bentuknya yang bagus dan unik, anak-anak tidak malu untuk mengenakannya. Bahkan saat jalan-jalan ke Alun-alun Lamongan mereka semua menggunakannya untuk tempat botol minum mereka.

Semoga makin banyak lagi yang tertarik dan dapat memanfaatkannya.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.