Eco-Actifity #10 Eksperimen Penguraian



Pada hari jumat pagi tanggal 27 April 2018, 2 anggota TBM Bintang Brilliant mencoba melakukan Eco-Actifity 10 yang berjudul eksperimen penguraian. Mereka adalah Nadia dan Cesya siswa kelas 3. Eco-Actifity ini merupakan salah satu rangkaian Eco-Actifity yang dipelopori oleh Green-Books.org dan menjadi salah satu aktivitas yang disukai di TBM karena melibatkan anak-anak secara langsung.

Baca ECO-aktifity lainnya :


Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah Pengelolaan Sampah dengan jenis kegiatan berupa Eksperimen. Untuk tahap persiapan durasi yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit. Sedangkan masa tunggu hingga mendapatkan hasil yang diinginkan minimal 2 minggu. Di hari pertama saat persiapan ini, Cesya dan Nadia tampak sangat bersemangat dalam melaksanakan tugasnya.

Tujuan dari Eco-Activity ini adalah supaya anak-anak mampu mengenali perbedaan antara bahan organik dan bahan non-organik yang dilihat dari kecepatan bahan tersebut terurai oleh alam. Bahan organik adalah bahan yang berasal dari hewan dan tumbuhan, sedangkan bahan non-organik berasal dari bukan hewan dan tumbuhan. Saat dibuang di alam, masing-masing bahan memiliki kemampuan yang berbeda.

Pada tahap persiapan, bahan dan alat yang dibutuhkan berupa :
  1. 2 botol plastik 
  2. 3 sedotan plastik bekas
  3. Gunting
  4. Tanah
  5. Sisa makanan 
  6. Dedaunan kering


Selanjutnya hal yang dilakukan adalah diskusi sebentar mengenai contoh-contoh bahan organik dan bahan non-organik. Anak-anak tersebut bertanya dan dijawab oleh pendamping. Terkait bahan yang digunakan juga dijelaskan mana yang organik dan mana yang non organik.

Tahapan proses selanjutnya adalah dengan memotong bagian botol plastik bekas, lalu membuat 8 lubang kecil pada botol untuk sirkulasi udara. Tanah yang dipersiapkan sebelumnya diasukkan ke dalam botol hingga menutupi bagian bawah botol. 


Kemudian memasukkan sisa-sisa makanan di atas lapisan tanah.
Potong sedotan menjadi beberapa bagian dan campurkan ke dalam lapisan sisa makanan. Tahap akhir memasukkan dedaunan kering di atas lapisan sisa makanan dan memasang kembali bagian atas botol secara terbalik.


Dengan melakukan langkah-langkah diatas, tahapan persiapan Eco-Actifity #10 eksperimen penguraian telah selesai dilakukan. Tahapan selanjutnya adalah menunggu minimal 2 Minggu untuk mengetahui hasil dari eksperimen yang telah dilakukan. Untuk tahap sekarang ini anak-anak dibiarkan saja menebak, kira-kira komponen manakah yang akan terurai dan mana yang tidak bisa terurai. Hasil selanjutnya akan dipostingnya di blog ini satu bulan mendatang.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.