Cara Belajar Yang Baik

Agar bisa pandai dan pintar, semuanya pasti harus rajin dan giat belajar. Namun banyak yang bingung bagaimana cara belajar yang baik dan benar sehingga efektif serta ilmu yang dipelajari dapat merasuk kedalam otak dengan sempurna.


Murid-murid sekolah Banyak sekali yang belajar ngoyo hanya jika ada ulangan atau ujian. Sedangkan saat tiada ulangan, belajarnya malas-malasan karena merasa tidak butuh atau penting. Padahal hal tersebut salah. Belajar Yang Baik sebaiknya di lakukan setiap hari, walaupun dengan waktu yang tidak lama, misalnya 1 atau 2 jam dalam setiap harinya. Karena hal itu akan menjadi sebuah kebiasaan dan ilmu yang dipelajari bisa meresap sempurna.

Lantas bagaimana cara belajar yang baik?  Berikut ini adalah ulasannya :

1.  Perhatikan Waktunya

Waktu belajar seseorang memang tidak bisa sama. Waktu yang paling tepat untuk belajar dapat di sesuaikan dengan mood dan toleransi tubuh. Waktu belajar tidak harus setiap malam hari. Kalau jam 7 atau jam 8 malam sudah merasa mengantuk, bisa memilih waktu sore atau sehabis maghrib untuk belajar. Jadi yang penting jangan terlalu memaksakan atau memporsir balajar hingga larut malam karena biasanya hasilnya juga tidak akan bisa maksimal.

2. Belajar Kelompok

Belajar sendirian kadang terasa membosankan. Sebagai alternatif  Coba saja belajar secara kelompok bersama teman sebaya. Belajar kelompok merupakan salah satu belajar yang baik dan efektif. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.


3. Mengulangi Pelajaran Sekolah

Agar seorang siswa atau murid sekolah memahami materi pelajaran sekolahnya dengan baik dan menghindari rasa malas belajar, mengulas kembali pelajaran sekolah yang telah dipelajari bisa menjadi metode efektif dalam belajar.

4. Belajar Pagi Setelah Bangun Tidur

Salah satu cara belajar yang baik dan efektif adalah belajar pagi hari setelah bangun tidur. Belajar setelah bangun tidur dapat memberikan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan daya ingat yang lebih tajam terhadap apa yang dipelajari.

5. Membeli buku-buku yang menarik

Koleksi buku-buku menarik yang berhubungan dengan pelajaran sangat membantu proses belajar. Belajar jadi tidak membosankan dan ilmu lebih mudah terserap. Tampilan buku yang penuh gambar- gambar lucu atau buku berwarna-warni dapat meningkatkan semangat dalam belajar dan juga melatih kemampuan kognitifnya yang lebih baik.

Demikian beberapa cara belajar yang baik. Semoga bermanfaat

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.