GREEN BOOKS, DONATUR BUKU BUKU LINGKUNGAN HIDUP


Green Books adalah salah satu organisasi nirlaba yang bergerak di bidang anak-anak, lingkungan hidup dan donasi Buku. Green Books merupakan salah satu donatur buku TBM BINTANG BRILLIANT, hal itu membuat kami ingin menuliskan profilnya disini.

Green Books didirikan pada tahun 2013 oleh seseorang warga negara asing dari Republik Ceko. Nama orang tersebut adalah Petr Hindrich. Kantor pusat Green Books berada fi Eco-Lodge, Canggu Badung Bali.

Tujuan didirikannya Green Books adalah untuk membuat anak-anak Indonesia memahami sistem alam  dan kehidupan di bumi. Dengan pemahaman ini akan membuat mereka bisa berbuat lebih dimasa depan dan mengilhami mereka untuk hidup lebih lestari. Berawal dari keprihatinanan Petr Hindrich tentang kondisi lingkungan yang ada dan ketidaktahuan anak-anak terhadap ekosistem sekitar juga hewan-hewan langka, membuatnya mendirikan Green Books ini.

Menurut data yang digunakan oleh Green Books, sebanyak 85 juta anak Indonesia sangat ingin tahu lebih banyak mengenai lingkungan mereka. Akan tetapi akses untuk mengetahuinya sangat terbatas. Oleh karena itu kehadiran buku-buku dan aktivitas kegiatan yang relevan dapat memberi mereka kesempatan untuk menjawab rasa keingintahuan tersebut. Green Books ingin meningkatkan kesadaran tentang alam dan praktik berkelanjutan di masyarakat menggunakan pendidikan dan buku anak-anak sebagai titik awal.

Secara kongrit Green Books mempromosikan kegiatan ini melalui tiga program, yaitu eco-libraries, eco-activities, dan eco-communities. Program eco-libraries adalah program pengumpulan buku anak-anak dan membagikannya. Sementara itu, eco-activities dan eco-communities dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan kreatif (membuat kerajinan, puisi, menulis lagu dan lain-lain), tindakan (pembersihan, penanaman pohon, memasak dan sebagainya), dan proyek (pengomposan, menanam sayuran, mengubah barang bekas menjadi barang lain yang berguna dan lain-lain).

Green Books juga membuka diri bagi yang ingin terlibat dalam berbagai program kegiatan di atas. Green Books mengajak masyarakat luas untuk membantu anak-anak memaknai keindahan alam dan mengilhami mereka untuk melindunginya dengan menggunakan buku dan aktivitas terkait lingkungan. Pendidikan lingkungan adalah kunci untuk menjaga planet kita tetap sehat.

Untuk mendapatkan buku-buku dari Green Books dan bergabung menjadi salah satu bagiannya, hal awal yang perlu dilakukan adalah mengakses situs mereka di green-books.org dan mengisi formulir yang telah disediakan. Setelah itu nanti akan dihubungi oleh pihak Green Books dan diarahkan untuk melakukan rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan.

TBM Bintang Brilliant mengajukan permohonan bantuan buku sekitar tahun 2015, namun baru tahun 2017 mendapatkan kiriman buku. Isi buku dari Green Books sangat bagus sekali. Bukunya baru dan langsung didatangkan dari penerbit. Anak-anak disini sangat menyukainya.

Dalam proses menunggu pengiriman buku, pengurus TBM Bintang Brilliant mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan pemahaman baru mengenai kelestarian lingkungan. Beberapa kegiatan di TBM Bintang Brilliant terinspirasi dari program Eco-Actifity Green Books. Kami jadi punya banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan berkat ide dari Green Books.

Beberapa kegiatan yang terinspirasi dari Green Books diantaranya adalah :
1. Menggambar Badak Jawa
2. Belajar Seru Dengan Eco Poster
3. Membuat Mainan dari Barang Bekas 
4. Mengenal Ekosistem
5. Permainan Siapa Aku


Bonus lebih yang diberikan oleh Green Books pada pengurus TBM BINTANG BRILLIANT adalah diundangnya salah satu pengurus untuk mengikuti Pelatihan Kursus Pendidik Hijau di Denpasar Bali. Disamping itu pengurus diajak untuk eksplorasi kantor Green Books di Canggu, Badung Bali dan berwisata di beberapa tempat yang ada di Bali.






No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.