2 Jan 2018

Pengukuhan Panglima Integritas di Jakarta

TBM BINTANG BRILLIANT Bersama dengan 39 TBM lain dari seluruh Indonesia terpilih menjadi salah satu penggiat program Tali Integritas yang digagas oleh forum TBM dan KPK. Para pegiat literasi tersebut kemudian dilantik menjadi Panglima integritas yang Tugas utamanya adalah mengimplementasikan Program Tali Integritas, menebarkan nilai-nilai anti korupsi melalui literasi.


Pemilihan Panglima Integritas dipilih melalui mekanisme lomba penulisan esai yang diselenggarakan pada periode Oktober hingga pertengahan November 2017. Esai TBM BINTANG BRILLIANT berhasil memikat juri dan mengantarkan pengurusnya Ke Jakarta. 40  embaga yang terpilih menjadi pelaksana utama Program Tali Integritas dan menjadi Panglima Integritas.

Baca juga : Metode Pemanfaatan Bahan Pustaka Tali Integritas

Lembaga yang terpilih tersebut diharapkan dapat menjadi cikal bakal dan champion team serta pendidik yang mengedukasi masyarakat dan menumbuhkembangkan kesadaran akan nilai-nilai integritas (nilai-nilai anti-korupsi) dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Rangkaian kegiatan pembekalan untuk pelaksana utama Program dan Panglima Integritas sudah dilakukan sejak tanggal 5 Desember dan berakhir pada 13 Desember 2017. Tahap pertama adalah mengikuti pembelajaran online di aclc.kpk.go.id pada tanggal 5-7 Desember 2017. Tahap berikutnya adalah mengikuti rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Dunia (Harkodia) yang diselenggarakan di Jakarta tanggal 11-12 Desember 2017.

Acara pembukaan Harkodia dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, pimpinan KPK, dan stakeholder antikorupsi dari berbagai elemen bangsa. Rangkaian kegiatan Harkodia untuk 40 lembaga dan Panglima Integritas juga dikemas dalam format Temu Pendidik Anti-Korupsi Berbasis Literasi. Berbagi inspirasi kreativitas dari pengelola lembaga dan Panglima Integritas, studium generale (berbagi inspirasi) praktik pendidikan anti-korupsi berbasis literasi dari berbagai narasumber, serta penguatan literasi dan pengembangan taman baca disampaikan oleh Forum TBM.



Pada rangkaian acara prosesi pengukuhan Panglima Integritas di Jakarta l, diselenggarakan pula kuliah umum oleh Maman Suherman, Komunitas Obat Manjur Makasar, Komunitas Ibu Profesional dan beberapa praktisi lainnya. Tampil pula penyair Iman Soleh yang membacakan sejumlah puisinya.

Pada agenda kegiatan tersebut Pengurus sendiri juga mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang sangat bermanfaat. Selain mendapatkan pemahaman dan amunisi bar penanaman nilai-nilai integritas kepada masyarakat untuk pencegahan tindak perilaku korupsi sejak dini.


Pengurus juga akan mendapat bahan pustaka berupa buku-buku yang diterbitkan langsung oleh KPK, board games, film, serta bahan pendukung lainnya yang dapat mempermudah dalam beraksi menjalankan program Tali Integritas.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik