29 Nov 2017

Rencana Metode Pemanfaatan Bahan Pustaka Tali Integritas


Seiring dengan program Tali Integritas yang digagas oleh KPK melalui Pusat Edukasi Anti-Korupsi bersama Forum TBM, kami dari TBM Bintang Brilliant ingin turut serta dalam menyelenggarakan Program Taman Literasi Integritas tersebut. Peran TBM yang dapat dijadikan sumber belajar segala usia melalui bahan bacaan dan berbagai kegiatan yang dilakukan tentu sangat menunjang program ini.

Untuk mendukung kegiatan Tali Integritas, kami akan mengadakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1. Lomba menggambar dan mewarnai

Kegiatan akan dilakukan tiap 3 bulan sekali dan diikuti oleh anak-anak PAUD, TK dan SD/MI usia 4 s/d 7 tahun. Temanya adalah mengenai nilai-nilai integritas yang terdapat dalam materi bahan pustaka tali integritas. Untuk yang mewarnai, gambar diambil dari buku tali integritas dan difotocopi.

Kegiatan ini dilakukan secara sederhana dan hasil karya para peserta di pajang di Mading TBM sehingga para pengunjung/anggota TBM lain dapat melihat hasil karya tersebut. Hasil karya juga diupload di media sosial yang dimiliki oleh TBM. Dengan lomba ini bakat dan kreatifitas anak-anak dapat diasah dan disalurkan.


2. Cerdas Cermat

Kegiatan cerdas cermat diadakan tiap 3 bulan sekali. Pada lomba ini khasanah pengetahuan dan kecerdasan anak-anak diuji dan dibandingkan dengan anak-anak lain. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok/regu dan mereka saling berlomba untuk mendapatkan nilat terbanyak dengan menjawab soal yang diajukan. Pertanyaan/soal yang diajukan berkisar tentang materi-materi yang terdapat dalam bahan pustaka Tali Integritas.


3. Kuis Ranking Satu

Ini adalah variasi dari lomba cerdas cermat, namun dalam kategori perorangan. Peserta menjawab pertanyaan yang diajukan, jika benar tetap ditempat dan jika salah harus keluar dari arena. Nantinya akan didapat satu pemenang yang dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan benar. Dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung membuat anak anak lebih giat belajar dan mencari sumber referensi dari tema yang diambil sehingga pengetahuan dan wawasan jadi bertambah.



4. Lomba Baca Puisi dan Pidato
Untuk menambah kreatifitas, pengetahuan dan keberanian anak, TBM Bintang Brilliant akan mengadakan lomba baca puisi dan pidato. Tema lomba puisi dan pidato tersebut tentunya yang berkaitan dengan nilai-nilai integritas. Dilakukan 6 bulan sekali.



5. Bedah Buku dan diskusi bersama

Selain lomba-lomba diatas, di TBM Bintang Brilliant juga diadakan bedah buku dan diskusi bersama, dimana kegiatannya adalah mendiskusikan bersama isi cerita dan pesan moral yang terkandung dalam salah satu bahan pustaka Tali Integritas. Kegiatan ini diadakan 1 bulan sekali dan diadakan menurut kelompok klasifikasi kelas dan usia. Anak usia SD dikumpulkan bersama anak SD, yang SMP berkelompok dengan SMP dan seterusnya.



6. Nonton Bareng (Nobar)
Media film dapat digunakan sebagai media yang paling efektif untuk mengedukatif banyak orang. Melalui sebuah film yang dapat dilihat secara visual, pesan-pesan moral lebih mudah ditangkap. Nonton bareng dilakukan 6 bulan sekali dan materi filmnya diambil dari bahan pustaka Tali Integritas.

7. Permainan Edukatif
Permainan edukatif dilakukan untuk merangsang anak agar lebih mengenal lingkungan sekitarnya dari dekat dan mengetahui berbagai persoalan yang terjadi. Bentuk kegiatannya bermacam-macam tergantung situasi dan kondisi serta keinginan  anggota. Materi diambil dari bahan pustaka tali integritas. Dilakukan bervariasi antara outdoor dan indoor, 2 minggu sekali sesuai dengan klasifikasi usia anak-anak.



7 kegiatan adalah sebuah rencana yang diajukan sekaligus sebagai proposal. Semoga segera terwujud. Foto - foto diatas adalah foto kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik