SETUMPUK BUKU BARU DARI GREEN-BOOKS

Alhamdulillah...... Setelah sekian lama menunggu akhirnya TBM BINTANG BRILLIANT mendapatkan kiriman buku-buku baru dari Green-books org. Setelah sebelumnya di PHPin oleh kurir kargonya, karena hanya ditelfon saja tapi tidak kunjung dikirim, akhirnya siang kemarin bukunya datang juga.





Donatur kali ini adalah Green-Book.org yang merupakan lembaga nirlaba atau organisasi sosial dari Ceko yang memulai operasinya di Indonesia sejak tahun 2014. Lembaga ini berfokus pada pembelajaran lingkungan hidup dengan misi menjadikan anak-anak jatuh cinta kepada Bumi. Berbagai acara, permainan, kegiatan, serta materi cetak maupun audio-visual diadakan oleh lembaga ini untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Salah satu kegiatan yang menonjol adalah dengan mendirikan eco-library untuk anak-anak dan menyalurkan buku anak-anak berbahasa Indonesia terkini mengenai alam dan lingkungan sekitar.

Untuk mendapatkan buku buku dari eco-library Green-books ini, kami sebelumnya telah mengajukan proposal langsung ke websitenya. Setelah itu, tim green-books melakukan seleksi dan wawancara ke kami By phone untuk mengecek kebenaran proposal dan juga pendekatan lebih mendalam. Pihak Green-books sendiri sudah mengungkapkan bahwa lembaga tidak bisa langsung mengirim bukunya saat itu juga karena harus menunggu antrian dan juga masih banyak prosedur yang mesti dilakukan.

Rentang waktu proses pengajuan proposal dengan pengiriman buku kurang lebih 2 tahun. Memang terasa lama, namun terasa impas dengan hasilnya. Selama proses tersebut, pengurus TBM Bintang Brilliant diajak bergabung dalam forum Eco-Library yang merupakan kumpulan dari para pengurus (Eco-Guru) anggota Eco-Library. Ada banyak pengetahuan, pengalaman baru dan berbagai manfaat yang diperoleh pengurus tatkala bergabung dalam forum ini.



Dari forum Eco-Library pulalah, kami mendapatkan ide-ide baru dalam proses pembelajaran terutama dalam pengenalan lingkungan hidup. Diantaranya tentang pembelajaran ekosistem, praktek pembuatan mainan dari barang bekas, belajar sambil bernyanyi, belajar lewat Eco-Poster dan lain-lain. Semuanya pernah ditulis dan dibahas dalam Blog ini.

Baca juga : Belajar Seru Dengan Eco-Poster 
   
                     Membuat Alat Bermain Dari Barang Bekas

Kembali pada masalah kiriman buku-buku baru. Kiriman dari Green-books ECO Library yang pertama ini berjumlah kurang lebih 40 buku. Semuanya membahas tentang bumi dan lingkungan hidup. Didalamnya selain terdapat tulisan yang informatif dan mendidik juga dilengkapi dengan gambar yang menarik sehingga anak-anak sangat menyukainya. Berdasarkan nota pembelian yang terdapat dalam paket kiriman, nominal buku-buku ini jika diuangkan nilainya hampir 2 juta rupiah. Jumlah yang lumayan besar menurut kami.

Adanya buku baru dari Green-books ini disambut dengan antusias oleh anak-anak TBM Bintang Brilliant. Tidak butuh beberapa lama buat mereka untuk memilih dan menikmati bukunya. Anak-anak ini tampak berebutan untuk mendapatkan buku yang terbaik versi mereka. Setelah itu mereka larut membacanya tanpa menghiraukan keadaan sekitarnya. Hal itu bisa dilihat jelas dalam foto foto dibawah ini.




Anak-anak TK dan PAUD yang notabennya belum bisa membaca juga sangat menyukai buku-buku ini. Adanya gambar-gambar yang bagus dan menarik membuat mereka begitu menikmati buku buku baru dari Green-books ini. Jika ada yang tidak dimengerti mereka tidak segan untuk bertanya dan meminta untuk dibacakan isinya.




Buku-Buku baru dari Green-books makin membuat anak-anak TBM Bintang Brilliant memperoleh informasi dan pengetahuan baru. Semoga hal ini bermanfaat bagi mereka dimasa kini dan masa mendatang. Dengan membaca hal hal baru mengenal lingkungan hidup akan membuat kita semua punya pilihan yang lebih bijaksana di masa depan, tidak hanya dalam hal lingkungan namun juga kemiskinan, keterlibatan publik, gizi, kehidupan sosial dan lain-lain.

Related Posts:

0 Response to "SETUMPUK BUKU BARU DARI GREEN-BOOKS "

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik