Sabtu, 10 Juni 2017

BELAJAR SERU DENGAN ECO-POSTER

Pada liburan awal Ramadhan kemarin, TBM Bintang Brilliant mengajak beberapa anggotanya untuk berkumpul dan belajar Seru Dengan Eco-Poster. Kegiatan ini sekaligus menjadi tugas kelima dari organisasi Eco-Library.
Media belajar yang digunakan tergolong unik yakni sebuah Eco-Poster. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan ekosistem seimbang yang sehat dengan ekosistem tidak sehat yang telah terpengaruh manusia.



Alat-alat yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1.  File Eco-Poster yang terdiri dari 24 kertas folio bergambar
  2.  Gunting
  3.  Lem kertas
  4.  Papan tulis
  5.  Pensil berwarna
Untuk tahap pertama pengerjaan, mulai dari penyusunan kertas, pengguntingan, perekatan hingga pewarnaan dilakukan oleh 8 anak. Mereka adalah Amel, Andini, Ayu, Chiara, Elena, Nisau, Dian, dan ditambah Billy. Prosesnya tidak lebih dari 2 jam saja. Hasilnya dapat dinikmati oleh semua orang dalam jangka waktu yang lama.

Adapun langkah yang dilakukan adalah :
1. Menaruh kertas-kertas poster tersebut di lantai dengan urutan yang benar



2. Sebagian anak kemudian menggunting kertas poster tersebut sesuai dengan garis-garis yang tersedia (berada di Sisi kiri dan bawah)



3. Pengguntingan dilakukan dengan Hati-hati, Jangan sampai menggunting bingkai putih yang ada di sisi ujung luar poster karena itu akan menyulitkan dalam proses perekatan. Untungnya dalam proses ini tidak ada anak yang salah menggunting.



4. Kertas yang digunting disusun ulang oleh anak lainnya dan ditempel bagian-bagiannya jadi satu dengan menggunakan lem



5. Agar tampak rapi, rata dan kertas tidak bergeser, kertas-kertas tersebut ditaruh di bagian belakang papan tulis.

6. Setelah itu poster diwarnai agar lebih menarik. Pewarnaan dilakukan bersama sama. Mereka mengkreasikan posternya sesuai imajinasi mereka.



7. Poster yang sudah jadi dan diwarnai sempurna diletakkan di tempat aman dimana banyak yang bisa melihat poster tersebut.


8. Poster ini begitu menarik perhatian, sehingga siapapun yang melihat pasti ingin mendekat dan mengamatinya. Dari yang paling kecil hingga yang dewasa semua berebut ingin memperhatikannya.





Beberapa anak juga tampak mendiskusikan isi poster ini. Diantara pendapat mereka adalah sebagai berikut :
  • Penggundulan hutan berbahaya bagi kesehatan manusia
  • Poster ini menggambarkan 2 kehidupan yang berbeda. Yang satu hijau asri dan bebas polusi. Yang satu sumpek, banyak sampah dan tidak ada pohonnya.
  • Makanan yang alami lebih menyehatkan daripada makanan masa kini.
  • Para binatang seperti burung lebih menyukai kehidupan yang bebas, tidak ingin hidup dalam sangkar.
  • Hutan yang gundul menyebabkan banyak kerugian.
Baca juga :  Metodologi Terbaru Penyelamatan hutan



Dari Eco-Poster ini anak-anak juga jadi sadar dengan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Melalui eco poster belajar bisa lebih seru dan menyenangkan. Peta konsep yg mudah dan menarik.

Keseruan anak-anak belajar Lewat Eco-Poster ini juga dapat dilihat dalam video di bawah ini.


Reaksi:

0 komentar: