Sabtu, 13 Mei 2017

HUBUNGAN UNSUR-UNSUR DALAM LINGKUNGAN

Ini adalah pembelajaran baru untuk mengenal dan mengetahui lebih lanjut tentang unsur-unsur dalam lingkungan. Dimana tiap unsur saling berhubungan dan membutuhkan satu sama lain. Pembelajaran dilakukan dengan permainan yang mengasyikkan sehingga tidak ada kebosanan di dalamnya.



Anak-anak mendiskusikan tema-tema berbeda dan mengumpulkan unsur-unsur alam dalam kategori seperti hewan, tumbuhan atau habitat. Setelah semua ide dan informasi terkumpul, mereka dapat mendiskusikan hubungan antar unsur. Bagaimana hubungan mereka satu sama lain? Tujuan dari kegiatan ini adalah membuat mereka mengerti, saat kamu mempengaruhi satu elemen, elemen lain juga kena dampaknya.

Tahap Persiapan : 

Alat Yang diperlukan
• Pulpen
• Kertas
• Selotip

Tahap pembelajaran



  1. Membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 anak. 
  2. Anak-anak tersebut diminta untuk menulis 4 kategori di kertas.  Yang meliputi : Hewan darat, hewan laut, tanaman, habitat. 
  3. Mereka harus mengambil huruf secara acak di setiap ronde 
  4. Lalu, mereka mengisi kategori yang tadi mereka tulis diawali dengan huruf yang didapat. 
  5. Waktu habis saat ada anak yang berhasil mengisi semua kategori. 
  6. Kemudian hasil dari setiap anak dibandingkan: 


Tahap penilaian 


  • Tidak menjawab: 0 poin
  • Jawaban sama dengan teman lain: 5 poin
  • Jawaban tidak sama dengan yang lain: 10 poin
  • Hanya satu anak yang bisa menjawab: 20 poin

Poin masing-masing di setiap ronde kemudian dihitung. Anak dengan nilai paling banyak setelah 10 ronde adalah pemenangnya!


Tahap Permainan : 


  • Semua anak harus berdiri dalam lingkaran dengan memegang daftar yang tadi mereka tulis.
  •  Salah satu anak dipilih untuk menulis satu unsur yang sudah mereka tulis di balik kertas daftarnya lalu menempelnya di baju. 
  • Minta anak ini untuk berdiri di tengah-tengah lingkaran .
  • Anak berikutnya harus menemukan unsur lain di daftar mereka yang berhubungan dengan yang pertama, menuliskannya di balik kertas lalu menempelnya di baju mereka. 
  • Dia lalu menjelaskan hubungan antar unsur tersebut dan berpegangan tangan dengan anak pertama, untuk menunjukan hubungannya. 
  • Satu anak hanya boleh berpegangan dengan dua anak lain (menggunakan dua tangannya) 
  • Setiap anak melakukannya bergantian, membuat hubungan sambung menyambung. 



• Contoh:
1. Anak 1: Lumba Lumba
2. Anak 2: Banyak lumba lumba tinggal di laut
3. Anak 3: Karang di laut
4. Anak 4: Bulu Babi tinggal di karang
5. Anak 1: Kura kura bisa makan bulu babi
6. Anak 2: Seperti kura kura, harimau binatang yang dilindungi

Rekaman tentang kegiatan anak-anak tersebut bisa dilihat dalam video dibawah ini



Karena pembelajaran dan permainan ini mengasyikkan, anak-anak meminta untuk mengulanginya lagi. Dan ini adalah rekaman di hari kedua :


Kesimpulan : Setiap unsur di alam saling membutuhkan dan melengkapi. Jika salah satu unsur bermasalah, maka unsur yang lain akan terkena dampaknya.

Reaksi:

0 komentar: