Selasa, 18 April 2017

Membuat Alat Bermain dari Barang Bekas


Isu tentang lingkungan hidup sudah banyak diperbincangkan publik belakangan ini. Mulai dari perubahan cuaca dan iklim yang tidak menentu, hingga banyaknya sampah yang semakin sulit untuk diproses dan dihancurkan. Sampah menjadi masalah besar yang seringkali terabaikan dan tidak terlalu mendapat perhatian oleh masyarakat umum. Padahal masalah sampah bukan saja urusan pemerintah kota, tapi juga setiap lapisan masyarakat yang ada didalamnya.

Berbagai kalangan sudah banyak yang memunculkan ide untuk menangani permasalahan sampai.  Selain dengan Membuat Bank Sampah, pengelolaan yang lazim dilakukan adalah dengan melakukan tindakan daur ulang, khususnya terhadap sampah atau barang-barang bekas yang dirasa sulit untuk diproses atau dihancurkan.

Atas prakarsa dan saran dari Greenbook Eco-Library, pengurus dan anak-anak TBM BINTANG BRILLIANT mencoba mendaur ulang sampah menjadi produk yang bisa digunakan kembali. dari botol dan plastik bekas yang tidak dipakai, diubah menjadi mainan yang seru dan meriah.

Alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1 botol plastik bekas
- 1 kantong plastik bekas
- 2 sedotan bekas
- 5 tutup botol bekas
- Gunting
- Spidol/pulpen
- Selotip




Dalam proses pembuatan alat bermain yang seru ini dilakukan oleh M. Tsalis dan Ifan Setiawan yang hari selasa kemarin (18/04/2017) berkumpul di TBM BINTANG BRILLIANT. mereka dengan telaten dan kompak mengerjakan kreasi daur ulang ini.

adapun langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
Langkah pertama, Gunting bagian bawah pada botol plastik.


Langkah kedua, Buat lubang pada semua tutup botol


Langkah ketiga, Potong kantong plastik menjadi 1 lajur panjang dan satu lajur pendek.


Langkah keempat dan kelima, Sambung sedotan dengan lajur panjang kantong plastik dan Sambungkan ujung sedotan pada 1 tutup botol. Sambungkan pula tutup botol lainnya dengan ujung kedua lajur kantong plastik, lajur pendek dan lajur panjang.


Langkah keenam dan Langkah ketujuh, tutup kembali botolnya dan Buat tulisan “Tempat Sampah” dan “Daur Ulang”



Langkah kedelapan : ayo mainkan!!!




Kreasi mainan dari barang bekas ini ternyata sangat seru dan menarik. Anak-anak TBM bintang Brilliant bergantian memainkannya.

Ayo berkreasi. ...... !!!!!



Reaksi:

0 komentar: