Rabu, 07 September 2016

KEGIATAN-KEGIATAN YANG MEMBUAT HATI DAN FIKIRAN FRESS


Rutinitas sehari-hari seakan tidak ada habis-habisnya. Dari bangun tidur hingga pergi tidur lagi selalu ada hal yang dikerjakan. Terkadang saat mulai mengerjakan tugas-tugas srhari-hari srperti belajar atau membantu orang tua, selalu ada keinginan untuk malas-malasan dan lalai sehingga melupakan tanggung jawab. Pada akhirnya akan keteteran, hidup kacau balau dan tertinggal jauh dengan teman.



Kita tentu tidak ingin demikian bukan???  oleh karenanya agar kehidupan jauh lebih baik dan menyenangkan, lakukanlah hal-hal berikut ini :

1. BANGUN LEBIH PAGI 
Saat alarm berbunyi, biasanya tangan akan reflek mematikannya. Kasur yang empuk dan selimut yang hangat masih enggan untuk di tinggalkan. Cobalah rubah kebiasaan itu sekarang. Jika biasanya bangun jam 6 pagi, cobalah mensetting alarm satu jam sebelumnya yakni jam 5 pagi. Hal itu dilakukan supaya dapat bangun lebih pagi. Jika bangun lebih pagi, otomatis punya lebih banyak waktu untuk mulai melakukan aktifitas dan bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dari biasanya. Usaha untuk bangun lebih pagi bisa jadi salah satu cara pembuktian pada diri sendiri, kalau sudah berhasil dalam membuat perubahan hidup  yang lebih baik.



2. MINUM AIR PUTIH 
Sudah sangat banyak sekali anjuran dan juga artikel yang membahas tips hidup sehat dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Cobalah terapkan hal itu, karena air putih sangatlah penting untuk nutrisi otak dan tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tubuh akan bekerja lebih maksimal sehingga hal-hal yang mengganggu pekerjaan dapat dihindari. Otak juga lebih fress dan segar.

3. OLAHRAGA 
Untuk kebiasaan olahraga, tdak perlu memilih olah raga yang berat atau terlalu rumit. cukup dengan olah raga ringan yang jadi favorit seperti yoga, jogging, atau hanya berjalan keliling kompleks selama 30 menit, itu sudah cukup. Olah raga bisa membuat fikiran lebih positif dan bersemangat. juga dapat meningkatkan hormon dopamine dalam tubuh sehingga rasa senang dan kepercayaan diri akan terbangun.


4. MENYUSUN DAFTAR KEGIATAN 
Ini mungkin terkesan sangat sederhana dan kekanakan, namun ternyata bisa memengaruhi hasil kegiatan sehari-hari. Cobalah buat daftar apa yang harus dilakukan atau diselesaikan untuk hari ini.  Tulis secara umum dan jabarkan dengan langkah-langkah kecil. Contohnya Persiapan pergi kesekolah atau ke kantor bisa dijabarkan dengan, memasukkan barang ke dalam tas, meneliti kendaraan yang dipakai, memakai pakaian dan lain-lain. Dengan menjabarkan langkah-langkah kecil, kegiatan harian akan terlihat lebih terarah dan mudah.  Disaat sudah menyelesaikan atau  mencoret sebuah kegiatan dari daftar, akan ada rasa kepuasan dari dalam diri yang bisa membangun kepercayaan. Hari yang dijalani juga terasa lebih baik.


5. ISTIRAHAT 15 MENIT
Terkadang terbersit dalam pikiran untuk bekerja non-stop agar banyak tugas dan pekerjaan yang bisa diselesaikan. Namun itu justru membuat hari lebih buruk. Karena stress yang berlebihan. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk membuka akun media social, minum teh atau sekedar berbincang dengan teman. Langkah ini bisa  untuk menyegarkan pikiran dan membuat semangat bangkit lagi.


Ayo Dicoba, langkah-langkah di atas. Dijamin hidup kita akan lebih baik lagi

Baca pula : Belajar tidak korupsi dengan kantin kejujuran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik