Jumat, 01 Juli 2016

KENDALA AWAL PENDIRIAN TBM BINTANG BRILLIANT DAN SOLUSI PEMECAHANNYA



TBM atau Taman Baca Masyarakat adalah sebuah tempat yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan ilmu dan hal-hal baru melalui buku-buku bacaan. Banyak orang awam yang tidak mengetahui apa itu TBM dan perannya di masyarakat sehingga dianggap sebagai suatu yang aneh dan baru di masyarakat. walaupun sebenarnya temapat seperti itu sudah menjamur dimana-mana. 

Sebagai sesuatu yang baru, proses pendirian dari TBM Bintang Brilliant mempunyai beberapa kendala di awal perintisannya. Kendala pertama adalah tidak adanya ketidaktahuan para pendiri/pengelola tentang prosedur pendirian dan pengelolaan TBM yang baik dan benar. Misalnya apa saja syarat-syarat pendiriaannya, bagaimana mekanisme pelayanannya, pengadministrasian serta hal-hal lainnya. Masyarakat sekitar, teman-teman dan juga komunitas yang kami ikuti juga tidak ada yang paham apa itu Taman Bacaan Masyarakat / Rumah Baca sehingga informasi yang kami peroleh sangat minim, modal utama hanya niat dan tekad yang kuat.

Yang kami lakukan untuk mengatasi kendala pertama tersebut yang kami lakukan adalah browsing di internet mencari berbagai informasi yang terkait, kemudian pergi ke instansi daerah yang membidangi pendidikan non formal. Dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan dan juga Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Disana kami bertanya banyak hal kepada aparatur yang bertugas dan sedikit mendapat ilmu tentang perpustakaan. Kami juga disarankan untuk berkomunikasi dan juga berkunjung ke TBM yang terdekat di wilayah kami. Akhirnya kami pergi ke beberapa TBM/Rumah Baca dan juga berkunjung ke banyak perpustakaan umum di beberapa kota untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan dan TBM. Sedikit demi sedikit kami mengumpulkan informasi dan pada akhirnya bisa mengetahui banyak hal terkait dengan pendirian dan pengelolaan TBM. Hal itu menjadi bekal kami untuk mengelola TBM agar lebih professional.
Akhirnya sampai saat ini TBM BINTANG BRILLIANT sudah berkembang dan mempunyai banyak koneksi serta buku bacaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik