Minggu, 03 Juli 2016

KEGIATAN-KEGIATAN UNIK Di TBM BINTANG BRILLIANT

Kegiatan Studi wisata ke Mojokerto

Untuk lebih menarik minat dan meningkatkan kreatifitas serta prestasi anak-anak, selain mengadakan kegiatan belajar bersama, secara periodik di TBM Bintang Brilliant mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang  dan diikuti oleh masyarakat dan anggota TBM Bintang Brilliant. Kegiatan kegiatan itu antara lain : Lomba menggambar dan mewarnai, cerdas cermat, lomba baca puisi dan pidato, bedah buku, sekolah alam serta studi wisata ke tempat-tempat bersejarah.
Lomba menggambar dan mewarnai dilakukan tiap 3 bulan sekali yang diikuti oleh anak-anak PAUD, TK dan SD/MI usia 4 s/d 7 tahun. Peralatan lomba disediakan oleh TBM namun sebagian peserta ada yang membawa sendiri. Kegiatan ini dilakukan secara sederhana dan hasil karya para peserta di pajang di Mading TBM sehingga para pengunjung/ anggota TBM lain dapat melihat hasil karya tersebut. Dengan lomba ini bakat dan kreatifitas anak-anak dapat diasah dan disalurkan. Meskipun tidak ada hadiah bagi para pemenang namun para peserta cukup antusias dan senang karena karyanya dapat dilihat dan dipamerkan ke orang lain.
Lomba menggambar dan mewarnai

Cerdas Cermat merupakan kegiatan favorit anggota TBM Bintang Brilliant dan diadakan tiap 2 bulan sekali. Pada lomba ini khasanah pengetahuan dan kecerdasan anak diuji dan dibandingkan dengan anak-anak lain. Cerdas cermat diadakan dengan berbagai variasi, terkadang dengan model beregu layaknya cerdas cermat pada umumnya, terkadang juga sendiri-sendiri ala model Kuis TV Ranking Satu. Kesemuanya itu membuat meriah dan menambah semangat dalam belajar sehingga pengetahuan anak makin bertambah. Materi pertanyaan berkisar tentang isi buku yang ada di TBM Bintang Brilliant dan juga tentang pengetahuan umum. Hadiahnya memang tidak seberapa karena hanya berupa buku-buku dan alat-tulis, namun keseruannya itu sungguh luar biasa. Pendanaan dalam kegiatan ini diambil dari dana pribadi pengurus.
Keseriusan peserta dalam lomba ranking satu

Lomba lain yang diadakan adalah lomba baca puisi dan pidato yang diadakan untuk menambah kratifitas dan keberanian anak. Dalam lomba ini tidak banyak anak yang ikut dikarenakan rasa kepercayaan diri mereka yang kurang sehingga membuat segan dan malu untuk maju didepan sehingga menjadi kendala tersendiri bagi pengurus. 
Selain lomba-lomba diatas, di TBM Bintang Brilliant juga diadakan bedah buku dimana kegiatannya adalah mendiskusikan bersama isi cerita dan pesan moral yang terkandung dalam salah satu buku/novel koleksi dari TBM Bintang Brilliant. Kegiatan ini diadakan 1 bulan sekali dan diadakan menurut klasifikasi kelas dan usia serta dilakukan secara berkelompok. Pendamping menceritakan sebagian isi dari buku dan para peserta mengomentari dan berpendapat tentang isi dari buku tersebut. Yang sudah membaca bukunya tentu dengan lancar dan lugas mengomentari dan yang belum baca akan tertarik dan berlomba ingin membacanya. Dengan kegiatan ini membuat minat baca anggota TBM Bintang Brilliant jadi meningkat. 
pemenang lomba memamerkan hadiahnya

Studi Wisata di TBM Bintang Brilliant diadakan 6 bulan sekali dan dilakukan ke tempat tempat yang mengandung unsur pendidikan dan kebudayaan. Tempat yang sudah dikunjungi oleh para pengurus dan anggota TBM adalah : pameran pendidikan di Alun-Alun Lamongan dan candi-candi di Trowulan Mokokerto. Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto adalah sebuah tempat bersejarah yang diyakini sebagai pusat Kerajaan Majapahit pada zaman dahulu dan banyak peninggalan sejarah yang masih tersisa disana.
Hasil kunjungan studi wisata selain menambah pengetahuan juga menambah rasa kekeluargaan diantara para pengurus dan anggota TBM. Anak-anak TBM Bintang Brilliant sudah 5 kali mengadakan kunjungan ke Candi-Candi di Trowulan Mojokerto, masing-masing diikuti oleh anak-anak yang berbeda.  Karena kegiatan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, anak-anak yang ingin mengikuti biasanya mengumpulkan uang jajan mereka tiap hari untuk ditabung. Jika sudah terkumpul kegiatan studi wisatapun diadakan.

Sekolah alam adalah salah satu kegiatan yang diadakan 2 minggu sekali oleh anggota dan pengurus TBM BINTANG BRILLIANT. Kegiatan sekolah alam bertujuan untuk belajar mengenai alam dan proses kehidupannya secara langsung. Kegiatan ini juga berguna bagi anak-anak agar lebih mengenal lingkungan sekitarnya dari dekat. Bentuk kegiatannya bermacam-macam tergantung situasi dan kondisi serta keinginan  anggota. Diantaranya adalah dengan jalan-jalan di pagi, bersepeda berkeliling desa, mengadakan permainan edukatif di luar ruangan, pengamatan langsung proses kehidupan tumbuhan, hewan dan sebagainya. 
Reaksi:

0 komentar: