Sabtu, 02 Juli 2016

BELAJAR BERSAMA SEBAGAI DAYA TARIK KEGIATAN TBM BINTANG BRILLIANT


Pada masa-masa awal pendirian TBM BINTANG BRILLIANT, untuk menarik minat baca masyarakat khususnya anak-anak, pengurus mendampingi beberapa anak untuk belajar pelajaran sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR sekolah) mereka di TBM Bintang Brilliant. Buku-buku di TBM yang kebanyakan masih buku pelajaran sangat membantu dalam pendampingan tersebut. Karena dirasa banyak peningkatan prestasi di sekolah lama kelamaan banyak anak lain yang tertarik dan banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk belajar bersama di TBM.


Meski awalnya kedatangan mereka ke lokasi TBM adalah untuk belajar, namun melihat ada banyak buku yang bagus dan menarik, perlahan lahan mereka mulai tertarik. Yang tadinya hanya sekedar melihat-lihat, lama kelamaan jadi makin tertarik dan mau membaca isinya. Jika belum selesai membaca atau belum puas membaca, mereka meminjamnya dan dilanjutkan dibaca dirumah. Kebiasaan tersebut menular dari satu anak ke anak lainnya karena biasanya saat seorang anak selesai membaca satu judul buku yang menarik hatinya, dia akan menceritakan isi buku tersebut pada teman-temannya. Teman-temannya tersebut jadi penasaran dan ingin membacanya juga. Pada akhirnya benyak anak-anak, remaja dan masyarakat lainnya keluar masuk ke TBM untuk membaca dan meminjam buku. Tiap hari terutama pada malam hari banyak anak-anak yang datang untuk belajar dan membaca buku di rumah yang sekaligus dijadikan tempat untuk TBM. 
Anak-anak yang datang untuk belajar
Dari awal pendirian hingga 5 tahun perjalanan TBM Bintang Brilliant ini, lambat laun visi dan misi TBM menunjukkan banyak keberhasilan. Indikator keberhasilannya dapat dilihat dari antusiasnya masyarakat yang ingin membaca dan tingginya peminjaman buku di TBM Bintang Brilliant. Kemampuan membaca warga masyarakat juga lebih baik dan wawasan serta pengetahuan masyarakat lebih meningkat.
Keterbatasan jumlah buku tidak menghalangi minat dan antusias masyarakat terutama anak-anak untuk datang berkunjung ke TBM Bintang Brilliant. Rata-rata pengunjung setiap harinya sekitar 30-40 orang. Kegiatan utama yang diadakan di TBM Bintang Brilliant selain peminjaman buku adalah kegiatan belajar bersama membahas pelajaran-pelajaran mereka di sekolah dan  kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.
Tentang kegiatan-kegiatan lain di TBM BINTANG BRILLIANT akan diungkap dalam postingan-postingan selanjutnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik